
Hal yang sulit bagi entrepreneur  selain merancang produk adalah menentukan #harga. Harga berpengaruh  besar terhadap citra produk dan kelangsungan produk tersebut.
Terlalu mahal dan terlalu murah, keduanya bisa berdampak buruk bagi produk tersebut
Harga harus ditetapkan sesuai dengan rencana jangka panjang yang ada.  Sebaiknya harga suatu produk tidak berubah-ubah, karena dapat  membingungkan konsumen.
Ada beberapa teknik penetapan harga suatu produk, berikut 5 diantaranya:
- Cost Plus mark-up, menambahkan modal/biaya dengan untung yg diharapkan.
 - Competitive pricing, menetapkan harga berdasarkan harga jual kompetitor.
 - Price skimming, menetapkan harga awal jual tinggi. Biasanya pada produk yg unik dan tak ada penggantinya.
 - Multiple unit pricing, memberikan potongan harga untuk pembelian dalam jumlah banyak.
 - Bundling, menjual beberapa barang dalam satu harga. Hal ini bisa dilakukan agar barang cepat terjual.
 
Bila digunakan dgn tepat, teknik" tsb dapat meningkatkan penjualan  produk. Contohnya: Pakai teknik Price Skimming & Multiple Unit  Pricing di awal kemudian Bundling pada sebagai promosi.
Bagi reseller dgn margin profit kecil, manfaatkan teknik Bundling /  Multiple Unit Pricing tuk naikkan profit. Bagi penjual barang 2nd,  teknik Bundling bisa digunakan agar barang cepat terjual.
Harga bukanlah segalanya, konsumen saat ini cerdas memilih produk  berkualitas atau tidak. Penetapan harga yg benar tak menentukan produk  kita laku terjual. Ada faktor lain yg berpengaruh, terutama tuk jualan  online.
Di Bukalapak.com selain harga jumlah rekomendasi sangat menentukan laku tidaknya suatu barang.
Bila harga sudah jadi sesuatu yg tak dapat dirubah, fokus pada kualitas produk dan layanan.





